Kartini adalah Karakter

by - April 21, 2018

Tiga Serangkai (Kartini-Kardinah-Roekmini)
source: suara.com

Hakikatnya, perempuan adalah pencetus peradaban. Peradaban yang bagaimana? peradaban yang telah dan akan terlahir nantinya di jagad ini. Mempengaruhi apa-apa saja yang sedang dan akan menjadi polemik di semesta ini. Kaum perempuan pun ikut andil dalam keberlangsungan kehidupan di akhirat nanti. Melupakan pemikiran kolot tentang keberadaan perempuan yang dilarang menempuh pendidikan tinggi, adalah langkah kecil menuju peradaban yang lebih baik. Ibu mengatakan kepada saya, jadilah perempuan yang tangguh, jangan sampai kamu menggantungkan hidup hanya pada laki-laki. Ya, perempuan harus mandiri dan mampu menjaga diri. Bagi saya, ibu adalah sosok Kartini yang nyata. Yang tampak, yang menjadi malaikat saya hingga saat ini. Perayaan "Hari Kartini", selalu membesitkan pikiran saya akan ibu. Tegar, tangguh dan hebat.
Perempuan bisa menjadi pengaruh bagi kemajuan dunia. Mereka yang hakiki tentunya menjalankan kewajiban sebagai hamba yang taat kepada Sang Pencipta, seorang istri yang patuh kepada suami dan seorang ibu yang menjadi madrasah bagi buah hati. Siapapun dan apapun pekerjaan kalian----saya berbicara pada kaum perempuan----karakter perempuan Indonesia adalah Kartini. Jadi diri kalian sendiri dan berjalanlah pada jalan Kartini versimu sendiri. Selama itu baik dan benar, lurus saja jangan takut. 

Kartini adalah karakter yang seyogyanya sudah melekat dalam sanubari setiap perempuan Indonesia. Pemikirannya yang maju, bergerak untuk berubah dan berani melawan segala bentuk kebodohan perlu sekali untuk diadopsi.

You May Also Like

0 comments

Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Powered by Blogger.

Translate